Rahasianya Cara Order Kain Supaya Dapat Murah Langsung Pabrik

Rahasianya Cara Order Kain Supaya Dapat Murah Langsung Pabrik

Rahasianya Cara Order Kain Supaya Dapat Murah Langsung Pabrik

 

Menghadapi Pandemi ini kita harus lebih pintar dalam mengelola keuangan. Kalau tidak bisa nabung ya mao ga mao harus menambah penghasilan. Salah satu cara nya adalah menjual kain. Dari email kami banyak yang bertanya tanya “Bahan kain grosir per rol A grade murah langsung pabrik tangan pertama” nah disini akan kita ulas habis.

 

Pertama-tama adalah kita harus tahu produk yang akan kita dapatkan seperti apa. Misal kita menginginkan kain Kain Katun Combed. Katun adalah pilihan yang sangat baik untuk pakaian karena kemampuannya untuk menyerap keringat dan menjaga penggunanya untuk tetap merasa adem saat cuaca yang panas. Nah kita perlu tahu spesifikasi kain katun combed tersebut:

 

Spesifikasi Kain Katun Combed :

 

Ne : 16s, 18s, 20s, 23s, 24s, 28s, 30s, 40s

Corak Rajut : Single Knit, Double Knit, Lacoste/ Double Lacoste, Pique/ Double Pique, Baby Terry

Aksesoris : Rib, Kerah & Manset

Pilihan : Spandex, Handfeel Lembut, Handfeel Extra Lembut, Proses Enzyme

Ketersedian : Kualitas Tinggi/ Sedang | Tubular/ Finish

Kategori Warna Celupan : Tua Spesial, Tua, Sedang Tua, Sedang, Muda, Putih, Hitam Reaktif, Hitam Sulfur

Minimum Order : 12 roll per warna (1 roll = ± 25 kg)

 

Nah berbeda juga kalau kita lagi kain yang lagi booming kain jersey, katun, ceruty, rubiah dan wollpeach yang biasanya butik perlukan untuk model busana muslim dan hijab wanita.  Karena ada sebagian motif kain yang rusak sedikit atau serat kain nya tidak rata, Maka dari itu pilihlah bahan kain murah yang stok baru yang benar benar bagus meskipun sedikit agar tidak merasa di rugikan.

 

Jika membeli di toko-toko maka harga di toko satu dengan toko yang lain berbeda beda, dan disini kita juga bisa melakukan nego harga kain yang akan kita beli, bila harga kain tidak sesuai dengan yang lain bisa pindah ketoko kain yang ada disekitar kawasan tersebut. Dengan begitu kita bisa membandingkan harga dan bisa mendapatkan harga kain yang pas sesuai kantong kita.

 

Masing-masing kios menjual bahan kain yang berbeda. Ada kios yang khusus menjual bahan jenis nylon, latex, poliester, bahan kulit, kulit sintetis, dan suede. Biasanya pedagang di kios itu sudah memiliki hubungan bisnis sejak lama dengan pabrik tekstil. Jadi mereka tidak kesulitan mendapatkan pasokan bahan untuk kebutuhan kiosnya tersebut.

 

 

Nah berikut kami infokan daftar supplier kain katun:

 

 

  1. Berkat Anugrah Mandiri Textindo

 

Berkat Anugrah Mandiri Textindo (Bamtex) Dan Berkat Abadi Textile Adalah Distributor Textile Material Terbesar Di Indonesia, Original Terkenal Dengan Nama Pt. Sari Warna Asli Distributor. Berkat Abadi Textile Dengan Bangga Untuk Memperkenalkan Bahan Yang Kami Distribusikan Untuk Kebutuhan Pembuatan Seperti: Seragam Sekolah, Seragam Kantor Dan Seragam Pabrik.

 

Alamat:

Jl. Dulatip No. 55 RT. 009 RW 005, Kebon Jeruk, Andir, Bandung, Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

 

 

 

  1. Greenway Textiles

 

Greenway Merupakan Spesialist Produsen Kain Lap Industri Dan Segala Jenis Limbah Tekstil Dengan Pengalaman 30 Tahun Lebih Pada Industri Daur Ulang Tekstil Yang Ramah Lingkungan. Lap Greenway Dapat Digunakan Pada Industri Migas, Pesawat Terbang, Pertambangan, Besi Baja, Otomotif Dan Sebagainya. Kami Menjual Lap Majun Untuk Keperluan Maintenance Travel Mat Adalah Karpet Serbaguna.

 

Alamat :

 

Jl. Raya Driyorejo KM. 25 Ds. Semambung, Gresik, Jawa Timur, Indonesia

 

 

 

  1. PT. Kusuma Kencana Mulya

 

Pt Kusuma Kencana Mulya (Kkm) Adalah Sebuah Perusahaan Manufaktur Batik Terkenal Di Pekalongan Yang Berdiri Sejak Tahun 1988. Pada Mulanya Berdiri Dengan Nama Cv Yang Kemudian Berubah Menjadi Pt. Pt Kkm Memproduksi Kain Batik, Sarung Batik, Sprei, Selendang, Taplak Meja, Dan Masih Banyak Lainnya. Pt Kkm Melayani Toko Dan Distributor Di Seluruh Indonesia Dan Luar Negri.

 

Alamat:

 

Jl. Pramuka 339 RT 02/ RW 01 Pekalongan Jawa Tengah, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Nah kalau pembaca navita tekstile tahu berikut adalah tempat-tempat di Bandung yang bisa jadi surganya belanja kain:

 

Pasar Baru Trade Center

Pasar Baru Trade Center yang terletak di Jalan Otto Iskandar Dinata. Reputasinya sebagai toko kain terlengkap sudah ada sejak didirikan tahun 1884 yang menjadikannya tidak hanya sebagai toko kain terlengkap tapi juga sebagai toko tekstil tertua di Bandung.

 

Median Textile

Tokonya beralamat di Jalan Jenderal Sudirman di mana Anda bisa membeli berbagai macam jenis kain dengan warna dan motif yang lebih lengkap mulai dari yang klasik hingga yang sedang jadi tren masa kini.

 

Sentra Kain Cigondewah

Kain-kain yang dijual di sini adalah kain sisa ekspor sehingga kualitasnya tidak kalah bagus dengan kualitas kain yang ada di toko kain lebih besar. Anda bisa mendapatkan kain bagus yang dihitung kiloan untuk keperluan eceran maupun grosir.

 

Gang Tamim

Selain dipenuhi dengan toko-toko kain, gang Tamim juga merupakan kawasan pecinan sehingga banyak toko-toko yang pemiliknya adalah keturunan Tionghoa.

 

 

Secara umum berikut proses pembelian kain yang biasa dilakukan :

  1. kain dibeli langsung dari pabrik tekstil
  2. kain dibeli melalui toko distributor
  3. kain dibeli melalui sales pabrik

 

 

 

  1. pembelian dengan press order (pembelian dalam jumlah besar)

 

Biasanya dilakukan pedagang besar atau distributor,  setiap kali pemesanan kain minimal 5000 yard dan biasanya 10.000 yard. Biasanya dapat hak eksklusif berupa monopoli penjualan kain berupa motif dan bahan tertentu yang dibeli dari pabrik. Ini menguntungkan bila motifnya sedang trend dipasaran, maka keuntungannya besar. Modal besar, kontinuitas pembelian juga harus terjaga. Nah strateginya biasanya pihak pabrik menawarkan terlebih dahulu kalau pihaknya punya motif dan jenis kain tertentu, semisal motif nanas.

Kemudian dia ambil  contoh barangnya dan nawarin kepada pelanggannya. Setelah dirasa cocok dengan harga dan kuantitas pembelian yang diminta pelanggannya. Maka dia tinggal pesan ke pabrik tersebut dan tidak bakalan keluar barangnya ke orang lain, tetapi itu butuh spekulasi besar, dan untuk pemula berat untuk memulainya karena modalnya tinggi.

 

  1. Pembelian ke pabrik dengan mencari kain jablak atau kain sisa press order.

 

Bagi para pedagang kelas menengah, mendapatkan kain jablakan seperti mendapatkan anugerah yang tidak ternilai. Hal ini cukup beralasan karena harga pembeliannya lebih murah dan dapat dijual dengan harga yang sama dengan kain yang diperoleh dari toko distributor. Namun tidak setiap waktu para pedagang mendapatkan kain jablak, tergantung keaktifan pedagang memburu barang-barang di pabrik dan hubungan baik yang dijalin antara pedagang dan pihak pabrik sehingga mereka mendapatkan prioritas untuk mendapatkannya.

 

  1. Pembelian kain melalui toko distributor.

 

Ini yang paling banyak dilakukan pedagang. Kalau jakarta di tanah abang, kalo di bandung ada di tamim dan pasar kebon baru. Distributor mendapatkan kain kebanyakan barangnya dipasok langsung dari pabrik. Transaksi sendiri berlangsung malam hari atau sehari sebelum hari pasaran tiba.

 

  1. Pembelian melalui sales.

 

Pedagang sebenernya lebih diuntungkan karena ga perlu datang sendiri ke pabrik atau ke toko distributor. Pedagang modal terbatas akhirnya lebih tertarik karena ga perlu datang jauh-jauh ke bandung atau jakarta, jadi hemat biaya operasional serta sistem pembayarnnya yg lebih mudah yakni konsinyasi (titip jual).

 

 

Jenis Kain

 

Kualitas kain dibedakan jadi 3 macam yaitu :

 

 

  1. Grade A

kain orisinil atau kain dengan kualitas bagus dan dijamin keaslian bahan, motif, dan mereknya.

A1 : halus,tebal,kuat dan wamanya tidak mudah luntur

A2 : untuk jenis kain yang kasar, tipis, mudah robek, dan wamanya mudah luntur

 

 

  1. Grade B

yaitu kain jablak atau kain sisa press order atau sisa barang ekspor. Biasanya ditawarkan  kain per seri atau motif kain.

 

  1. Grade C

yaitu kain BS atau kain bekas sortiran. Kain seperti ini umumnya dijual dengan karungan dan ikatan dengan sistem kiloan. Pembeli tidak boleh membeli sebagian dari karungan atau ikatan, pembeli juga tidak diperkenankan meneliti kain secara satu persatu. Untuk mengetahui kualitas barang penjual, hanya diberikan satu contoh saja dengan menyebutkan sifat-sifat kain secara umum, baik jenis kain, motif, warna dan ukuran.

 

 

Model Penjualan Ngalap Nyaur

 

model ini biasanya diterapkan untuk pelanggan yang lama dan telah beberapa kali melakukan pembelian. Biasanya udah melewati beberapa proses uji coba. Utk Pelanggan baru dan pembeli eceran biasanya langsung tunai. Untuk Pelanggan lama dan pembelian grosir yang baru sepi pasarnya baru mendapatkan fasilitas ngalap nyaur atau cek/giro.

 

Masa sepi untuk perdagangan kain biasanya jatuh pada bulan Sawal(Syawal), kapit(Dzulqa’idah), dan Rayagung(Dzulhijjah). Masa normal pada bulan Muharram sampai Jumadil aki (JumadilTsaniyah) dan masa ramai bulan Rajab dan Ruwah (Sya’ban). Sedangkan bulan puasa(Ramadhan) dijadikan sebagai masa titik balik atau tutup buku.

 

referensi download :

pembahasan dan analisa pembelian kain

referensi bacaan :

https://www.tokopedia.com/multikain/bahan-kain-grosir-per-rol-a-grade-murah-langsung-pabrik-tangan-pertama

https://ksmknitting.com/pabrik-tekstil-bandung/?lang=id

https://www.grosirkainbandung.com/2018/05/grosir-kain-murah-langsung-dari-pabrik-bandung.html

https://forum.detik.com/cara-order-membeli-kain-langsung-dari-pabrik-wa-kami-ya-boss-t2313212.html

https://peluangusaha.kontan.co.id/news/beli-pasokan-bahan-dari-pabrik-tekstil-2

https://www.indotrading.com/company_kainkatun_567/

https://www.pabrikamanahgarment.com/pabrik-baju-bandung.html

 

 

 

 

Leave a Reply